Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Berbantuan Cabri Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis
Kata Kunci:
Reciprocal teaching model, Cabri, Mathematical Communication SkillAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan Komunikasi matematis antara siswa yang diajar menggunakan model Reciprocal Teaching dengan berbantuan Cabri pada materi Geometri kelas X di Mas Al Washiyah 12 Perbaungan. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan Sampling Jenuh. Siswa kelas X Agama 2 sebagai kelas yang diberi perlakuan Model pembelajaran Reciprocal Teaching dan siswa. Penggujian hipotesis dilakukan dengan penggunaan uji t, dengan mengunakan rumus perhitungan secara manual, setelah thitung diketahui, selanjutnya ddikonsultasikan dengan tabel pada taraf 5% dengan db= n-1 (30-1) = 29. Pada ttabel dengan db = 29 dipeloleh taraf signifikan 5% = 2,045 karena thitung. lebih besar dari ttabel yaitu 4,5058 > 2,045, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan Komunikasi Matematis. Analisis data dilakukan dengan uji t. Hasil utama dari penelitian ini adalah: terdapat pengaruh kemampuan Komunikasi matematis antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching pada materi Geometri siswa kelas X MAS Al Washliyah. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti menyarankan agar pembelajaran dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching pada pembelajaran matematika dapat dijadikan alternatif bagi guru matematika untuk meningkatkan kemampuan Komunikasi matematis sebagai salah satu alternatif untuk menerapkan pembelajaran matematika yang inovatif.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2019 FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.