Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI) dalam Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik

Penulis

  • Endi Zunaedy Pasaribu Universitas Al Washliyah, Labuhan Batu-Indonesia 21418
  • Yumira Simamora Universitas Alwashliyah Medan, Indonesia
  • Dwi Aprida Universitas Alwashliyah Medan, Indonesia
  • Nurul Izzati Guru Matematika & add Mate

DOI:

https://doi.org/10.47662/farabi.v6i1.611

Kata Kunci:

Model Pembelajaran, SAVI, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Abstrak

Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tipe somatic auditori visual intelektual (SAVI) dalam kemampuan pemecahan masalah matematik. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti ialah jenis penelitian eksperimental (kuantitatif). Sampel dalam penelitian ini adalah Siswa kelas VIII-1 dan VIII-2 MTs Nurul Iman Tanjung Morawa. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran tipe somatic auditori visual intelektual (SAVI) dalam kemampuan pemecahan masalah matematik di MTs Nurul Iman Tanjung Morawa.

Referensi

Adisaputro, S. E., & Rosidi, I. (2020). PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DI ERA MILENIAL MEMBENTUK MANUSIA BERMARTABAT. Journal Komunikasi Islam, 1(1), 1–27.

Afri, A. Y. F. R. L. D. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI BARISAN DAN DERET. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 09(2), 175–187.

Harita, A., Laia, B., & Zagoto, S. F. L. (2022). Peranan Guru Bimbingan Konseling dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa SMP Negeri 3 Onolalu Tahun Pelajaran 2021 / 2022. COUNSELING FOR ALL: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(1).

Indriana, L., & Maryati, I. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Segiempat dan Segitiga di Kampung Sukagalih. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 541–552.

Kahfi, A. (2022). IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KARAKTER SISWA DI SEKOLAH. Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar, 5(2), 138–151.

Kristina, O., & Permatasari, G. (2021). Jurnal Ilmiah Pedagogy PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR / MADRASAH IBTIDAIYAH Jurnal Ilmiah Pedagogy. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 17(20), 68–84.

Laia, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 463–474.

Maulita, N. I. (2019). Aktivitas Belajar Siswa dengan Penggunaan Model Pembelajaran Somatik, Auditori, Visual Dan Intelektual (SAVI) Berbantuan Media Animasi di SMA Inshafuddin Banda Aceh. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Siswadi, S., Lilis, L., & Simamora, Y. (2022). SAVI and RME Learning Models to Improve Mathematical Problem Solving Skills. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 10(01), 37–48.

Soetari, E. (2014). Pendidikan Karakter dengan Pendidikan Anak untuk Membina Akhlak Islami. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 8(1), 116–147.

Tsanawiyah, M., Mubtadi, H., & Bumiayu, I. N. (2018). VICRATINA : Jurnal Pendidikan Islam Volume 3 Nomor 2 Tahun 2018 e-ISSN: ---- - ----. VICRATINA: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 26–36.

Unduhan

Diterbitkan

2023-07-30

Cara Mengutip

Pasaribu, E. Z. ., Simamora, Y. ., Aprida, D. ., & Izzati, N. . (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI) dalam Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik. FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika , 6(1), 123–127. https://doi.org/10.47662/farabi.v6i1.611

Terbitan

Bagian

Articles