PENGARUH KUALITAS PELAYANAN BUKTI FISIK DAN DAYA TANGGAP TERHADAP KEPUASAN WAJIB PAJAK DI BADAN PENGELOLAAN PAJAK DAN RETRIBUSI DAERAH UPT. SAMSAT LUBUK PAKAM

Penulis

  • AMIR MAKHMUD ZAIN NST

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan bukti fisik dan daya tanggap berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wajib pajak Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah UPT Samsat Lubuk Pakam dan seberapa besar kualitas pelayanan bukti fisik dan daya tanggap berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wajib pajak Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah UPT Samsat Lubuk Pakam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan beberapa uji yakni reliability analysis, uji penyimpangan asumsi klasik dan regression linier. Berdasarkan hasil regresi data primer yang diolah dengan menggunakan SPSS 18, diperoleh persamaan regresi linier berganda sebagai berikut: Y = 1,070+ 0,031 X1 + 0,998X2.Secara parsial, variabel bukti fisik (X1) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan wajib pajak, terbukti dari nilai t hitung > t tabel (2,471 > 1,983). Variabel daya tanggap (X2) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan wajib pajak, terbukti dari nilai t hitung > t tabel (86,339 > 1,986).Secara simultan, variabel bukti fisik (X1) dan daya tanggap (X2) memiliki pengaruh yang signifikan terhadapterhadap kepuasan wajib pajak. Artinya hipotesis pada penelitian ini diterima, terbukti dari nilai F hitung > F tabel (5077,831> 3,09).Variabel bukti fisik (X1) dan daya tanggap (X2) mampu memberikan kontribusi pengaruh terhadap variabel kepuasan wajib pajak sebesar 99,0% sedangkan sisanya sebesar 1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Unduhan

Diterbitkan

11-11-2021

Terbitan

Bagian

Artikel