PENGARUH WORDOF MOUTH DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN LAUNDRY DIKELURAHAN PONDOK BETUNG, TANGERANG SELATAN

Penulis

  • FAJAR ADI PRAKOSO

Abstrak

Penelitian ini berjudul “PengaruhWord Of MouthdanBrand Image Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Laundrydikelurahan Pondok Betung, Tangerang Selatan”. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh World of mouth dan brand Imagesecara bersama-samaterhadap keputusan pembelian kosumen Laundry di Pondok Betung

Variabel independen dalam penelitian ini adalah World of mouth dan brand Imagesedangkan variabel dependennya adalah keputusan pembelian. Sampel penelitian ini menggunakan rumus slovin dengan sampel yang didapat berjumlah 150 orang. Uji koefisien Determinasi (R2), Uji Signifikan Simultan(Uji F) dan Uji Signifikan Parameter Individual (Uji Statistik t) digunakan untuk menguji hipotesis.

Berdasarkan  hasil penelitian  adalah 1). Terdapat pengaruh antara word of mouth terhadap keputusan pembelian konsumen, dengan nilai thitung untuk variabel X1 (Word of Mounth) sebesar 9.105 sedangkan nilai ttabel untuk n = 150 sebesar 1.975. 2) Terdapat pengaruh brand imageterhadapkeputusan pembelian konsumen, dengannilai thitung untuk variabel X2 (Brand Image) sebesar 8.820, sedangkan nilai ttabel untuk n = 150 sebesar 1.975. Jadi 8.820 >1.975, 3) Terdapat pengaruh word of mouth dan brand image secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian konsumen, dengan nilai fhitung sebesar 172.425 dimana lebih besar dari nilai ftabel untuk n = 150 sebesar 2.66 atau 172.425 > 2.66 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 karena 0,000 < 0,05. Sedangkan nilai Adjusted R Square sebesar 0.697 artinya bahwa Word of Mounthdan Brand Imagememiliki pengaruh sebesar 69.7% terhadap Keputusan Pembelian Konsumen sedangkan sisanya sebesar 30.3% berpengaruh dengan faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis dalam penelitian ini.

Unduhan

Diterbitkan

11-11-2021

Terbitan

Bagian

Artikel