PENGARUH PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI CAT TEMBOK MEREK PROPAN DI PT. PROPAN RAYA ICC MEDAN

Penulis

  • SITI UMMI ARFAH NASUTION

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah promosi dan harga memiliki
pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen dalam membeli cat tembok
merek propan di PT. Propan Raya ICC Medan. Seberapa besar pengaruh promosi
dan harga terhadap keputusan konsumen dalam membeli cat tembok merek propan
di PT. Propan Raya ICC Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode kuantitatif dengan beberapa uji yakni reliability analysis, uji
penyimpangan asumsi klasik dan regression linier. Berdasarkan hasil regresi data
primer yang diolah dengan menggunakan SPSS 18, diperoleh persamaan regresi
linier berganda sebagai berikut: Y = 6,495+ 0,193 X1 - 0,632 X2. Secara parsial,
variabel promosi (X1) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan
pembelian, terbukti dari nilai t hitung > t tabel (2,162 > 2,002). Begitu pula dengan
variabel harga (X2) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan
pembelian, terbukti dari nilai t hitung > t tabel (6,393 > 2,002). Secara simultan,
variabel promosi (X1) dan harga (X2) memiliki pengaruh signifikan terhadap
terhadap keputusan pembelian. Artinya hipotesis pada penelitian ini diterima,
terbukti dari nilai F hitung > F tabel (26,407 > 3,16). Variabel promosi (X1) dan
harga (X2) mampu memberikan kontribusi pengaruh terhadap variabel kualitas
pelayanan sebesar 48,1% sedangkan sisanya sebesar 51,9% dipengaruhi oleh
variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dari kesimpulan di atas,
penulis memberikan saran bahwa hendaknya PT. Propan Raya ICC Medan lebih
aktif lagi dalam mempromosikan cat tembok merek propan agar konsumen secara
luas mengetahui keunggulan cat yang tidak ada di cat lainnya. Hendaknya PT.
Propan Raya ICC Medan agar tetap menstabilkan harga cat agar konsumen tidak
mudah lari ke merek cat yang lainnya.

Unduhan

Diterbitkan

16-12-2021

Terbitan

Bagian

Artikel