PENGARUH LOKASI DAN PELAYANAN KARYAWAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (STUDI KASUS ALFAMART SEI RAMPAH)
Abstrak
cara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan
konsumen (Studi Kasus Alfamart Sei Rampah dan seberapa pengaruhnya. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan beberapa uji
yakni reliability analysis, uji penyimpangan asumsi klasik dan regression linier.
Berdasarkan hasil regresi data primer yang diolah dengan menggunakan SPSS 20,
diperoleh persamaan regresi linier berganda sebagai berikut: Y = 24,264 + 0,729
X1 + 0,308 X2 + e. Secara parsial, variabel lokasi (X1) memiliki pengaruh yang
positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y). Artinya hipotesis pada
penelitian ini diterima, terbukti dari nilai t hitung > t tabel (5,145 > 1,990).
Sedangkan variabel pelayanan karyawan (X2) memiliki pengaruh yang signifikan
terhadap kepuasan konsumen (Y). Artinya hipotesis pada penelitian ini diterima,
terbukti dari nilai t hitung > t tabel (2,605 > 1,990). Secara simultan, variabel lokasi
(X1) dan pelayanan karyawan (X2) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan
terhadap kepuasan konsumen (Y). Artinya hipotesis pada penelitian ini diterima,
terbukti dari nilai F hitung > F tabel (13,886 > 3,11). Variabel lokasi (X1) dan
pelayanan karyawan (X2) mampu memberikan kontribusi pengaruh terhadap
variabel kepuasan konsumen sebesar 25,5% sedangkan sisanya sebesar 74,5%
dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dari
kesimpulan di atas, penulis memberikan saran bahwa sebaiknya dalam hal
pelayanan pihaak Alfamart Sei Rampah lebih ditingkatkan lagi agar kepuasan
konsumen memiliki persentase yang lebih tinggi. Hendaknya karyawan bekerja
dengan kualitas terbaik agar pelayanan yang diberikan dapat maksimal.