Analisis Isi Buku Teks Matematika Terbitan Erlangga Kelas VIII Semester I Berdasarkan Pendekatan Saintifik
DOI:
https://doi.org/10.47662/farabi.v4i1.56Kata Kunci:
Analisis, Buku Teks, Pendekatan SaintifikAbstrak
Buku teks matematika merupakan bahan ajar mata pelajaran matematika yang disusun berdasarkan Kurikulum 2013 sebagai pegangan peserta didik dengan tujuan untuk membantu peserta didik dalam proses belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuain Buku Teks Matematika untuk SMP/MTS Kelas VIII Semester 1 Terbitan Erlngga yang disusun oleh M.Cholik Adinawan dengan menggunakan Pendekatan Saintifik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Deskriptif. Dalam penelitian ini menggunakan dua teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi dan lembar observasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar penskoran kesesuain buku. Hasil analisis kesesuaian penyajian materi pada buku teks matematika kelas VIII terbitan Erlangga berdasarkan pendekatan saintifik pada bab relasi dan fungsi memperoleh persentase akhir 57,53% dengan kriteria cukup sesuai. Persentase tahap mengamati 83,93%, tahap menanya 39,29%, tahap mengumpulkan informasi 77,29%, tahap menalar 21,43%, dan tahap mengkomunikasikan 66,86%. Pada bab sistem persamaan linear dua variabel memperoleh persentase akhir 52,41% dengan kriteria cukup sesuai, persentase tahap mengamati 57,30%, tahap menanya 22,20%, tahap mengumpulkan informasi 72,91%, tahap menalar 33,16%, dan tahap mengkomunikasikan 72,17%. Dapat disimpulkan bahwa pada buku ini pendekatan saintifik belum disampaikan secara keseluruhan, masih terdapat tahapan saintifik yang tidak terlihat jelas. Berdasarkan penelitian tersebut disarankan untuk melengkapi tahapan saintifik agar sesuai dengan kurikulum 2013.
Referensi
Aprianita, R. (2015). Menerapkan Pendekatan Saintifik yang Berorientasi pada Kemampuan Metakognisi dan Keterampilan Sosial. Seminar Nasioanl Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 689–696.
Atsnan, M. F., & Gazali, R. Y. (2013). PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP KELAS VII MATERI BILANGAN ( PECAHAN ). Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, November, 978–979.
Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
Eka Sofia Agustina, Farida Aryani, dan Y. F. Y. (2016). POLA PENYAJIAN KEGIATAN PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN ILMIAH. Yogyakarta: media akademi.
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Latif, S., Akib, I., & Selatan, S. (2016). Mathematical Connection Ability In Solving Mathematics Problem Based On Initial Abilities Of Students At SMPN 10 BULUKUMBA. Jurnal Daya Matematis, 4(2), 207–217. https://doi.org/https;//doi.org/10.26858/jds.v4i2.2899
Lya, S., & Pramesti, D. (2017). Analisis materi dan penyajian buku teks matematika sebagai sumber belajar matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 25–32. https://doi.org/http;//dx.doi.org/10.31941/delta.v5i1.386
Mukaromah, H. (2020). ANALISIS BUKU TEKS MATEMATIKA KURIKULUM 2013 KELAS VII SEMESTER 1 EDISI REVISI 2017 DITINJAU DARI IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK.
Muklis, Y. M. (2015). Analisis Buku Siswa Kurikulum 2013 Kelas VII SMP Pelajaran Matematika Ditinjau Dari Implementasi Pendekatan Saintifik dan Penilaian Autentik. Publikasi Ilmiah, 1-18.
Muslich, M. (2010). Text Book Writing. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Napitupulu, D. (2014). Studi Validitas dan Realibilitas Faktor Sukses Implementasi E-Government Berdasarkan Pendekatan Kappa. Jurnal Sistem Informasi, 10(3), 70–74. https://doi.org/https://doi.org/10.21609/jsi.v10i2.388
Schleicher, A. (2018). Insights and Interpretations. OECD.
Susiati, A., Utaya, S., & Susilo, S. (2016). KAJIAN PENDEKATAN SAINTIFIK BUKU SISWA GEOGRAFI SMA BERDASARKAN KURIKULUM 2013. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(8), 1505–1511. EISSN: 2502-47471X. DOI:http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i8.6621
Yudhanegarai & Lestari, K. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.