Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah

Penulis

  • Khoiruddin Matondang Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNIVA Medan
  • Ade Rahman Matondang Pendidikan Islam Anak Usia Dini, FKIP, Universitas Al Washliyah, Medan-Indonesia
  • Risna Mira Bella Saragih Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNIVA Medan
  • Israq Maharani Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNIVA Medan

DOI:

https://doi.org/10.47662/farabi.v4i1.72

Kata Kunci:

kontekstual, pemecahan masalah siswa

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa/I kelas VII SMP Yaspi Labuhan Deli. Instrument yang digunakan tes pemecahan masalah dan angket motivasi belajar siswa. Tes dan angket tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas sebesar 0,82 dan 0,76. Analisis data dilakukan dengan uji t dan skala likert. Hasil dari penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa (2) terdapat pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap motivasi belajar siswa.

 

Referensi

Agustin, M.2011. Permasalahan Belajar dan Inovasi Pembelajaran .Bandung. PT.Refika Aditama.

Anggraini, Dewi. 2019. Penerapan pembelajaran kontekstual pada Pendidikan anak usia dini. Jurnal Yaa Bunayya. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/1722.

Apriani, dkk. 2017. Penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL)untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada Materi Perubahan Sifat Benda. https://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/10675.

Primayana. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Lingkungan terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Minat Outdoor pada Siswa KELAS IV . https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/2905.

Putri, dkk. 2019. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual dalam Pembelajaran Fisika terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Energi Terbarukan. Jurnal Ilmiah Multi Sciences, Vol. 11 No. 2, Halaman: 87- 93, Juli 2019. https://journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/JTI/article/view/474.

Rukajat. 2019. Pembelajaran Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Mutu Hasil Pembelajaran. Pioner Jurnal Pendidikan. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/view/4589.

Setiawan, Panji. Sudana. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika . Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru Vol. 2 No. 3, Oktober 2019. P-ISSN : 2621-5713, E-ISSN : 2621-5705

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D . Bandung. Alfabeta.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Wena,M. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta. PT.Bumi Aksara.

Zakiah, dkk. 2019. Implementasi Pendekatan Kontekstual pada Model Pembelajaran Berbasis Masalah berdasarkan Langkah-Langkah Polya. Jurnal Teorema: Teori dan Riset Matematika, 4(2), 111-120, September 2019. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/article/view/2706

Unduhan

Diterbitkan

2021-06-21

Cara Mengutip

Matondang, K., Matondang, A. R., Saragih, R. M. B., & Maharani, I. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika , 4(1), 69–73. https://doi.org/10.47662/farabi.v4i1.72

Terbitan

Bagian

Articles