Pengembangan LKPD Dengan Pendekatan PMRI pada Materi Persamaan Lingkaran Kelas XI
DOI:
https://doi.org/10.47662/farabi.v7i2.810Kata Kunci:
Pengembangan LKPD, PMRI, Persamaan LingkaranAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD dengan Pendekatan PMRI Pada Materi Persamaan Lingkaran Kelas XI SMKN 1 Lubuklinggau sesuai dengan kurikulum 2013 yang Valid, praktis dan memiliki efek potensial. Metode penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis-Design-Develop-Implement-Evaluate). Penelitian dilakukan di SMKN 1 Lubuklinggau dengan populasi dan sampel penelitian adalah peserta didik kelas XI dengan jumlah 36. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, angket dan tes. Hasil dari analisis data melalui kevalidan ahli bahasa dengan nilai 0,92 dengan kategori sangat valid, ahli media dengan nilai 0,87 dengan kategori sangat valid dan ahli materi dengan nilai 0,8 dengan kategori valid. Analisis kepraktisan guru mendapat nilai 91,6% sedangkan analisis kepraktisan peserta didik mendapat nilai 98,6% dengan kategori sangat praktis dan memiliki efek potensial 91,6% dengan kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa LKPD Dengan Pendektan PMRI Pada Materi Persamaan Lingkaran Kelas XI SMKN 1 Lubuklinggau telah memenuhi kriteri Valid, Praktis dan memiliki efek potensial.
Referensi
Adha, I., & Refianti, R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia Berbasis Konteks Sumatera Selatan. Jurnal Pendidikan Matematika (Judika Education), 2(1), 1–10.
Ayu, S., Ardianti, S. D., & Wanabuliandari, S. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1611.
Effendi, R., Herpratiwi, H., & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920–929.
Fitri, R. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Konstruktivisme untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Materi Persamaan Lingkaran. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 241–257.
Nisa, H. Z., Alamsyah, T. P., & Firdaus, F. (2024). Pengembangan LKPD Representasi Matematis Berbasis Project Based Learning untuk Kelas IV Sekolah Dasar. FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(1), 76-82.
Paiza, P., Lusiana, L., & Syahbana, A. (2021). Pengembangan LKPD berbasis PMRI pada masa pandemic COVID-19. In Prosiding Seminar Nasional Program Pasca Sarjana Universitas PGRI Palembang. 152-160.
Purwasi, L. A., & Fitriyana, N. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis higher order thinking skill (HOTS). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 894-908.
Rambe, T. M., Ananda, F., Batubara, I. H., Al-Ahliyah, M., Julu, A. B., Muhammadiyah, U., & Utara, S. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendidikan Matematika Realistik (PMRI) Pada Pokok Bahasan Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi Lengkung. In Journal Mathematics Education Sigma (JMES), 3(1), 34-43.
Refianti, R., & Luthfiana, M. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia Materi Persamaan Linear Dua Variabel di Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 6(1), 38–45.
Sulastri, W., & Wulantina, E. (n.d.). Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. In MATHEMA JOURNAL E-ISSN, 5 (2), 207-221
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Lika Fitriani, Rani Refianti, Lucy Asri Purwasi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.