Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa

Penulis

  • Minarti Juliana Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, STKIP PADANG LAWAS, Sibuhuan-Padang Lawas 22763
  • Minta Ito Simamora Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNIVA Medan
  • Dini Astika Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Al-Washliyah, Medan-Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47662/farabi.v4i1.91

Kata Kunci:

Jigsaw, Kemampuan Pemecahan Masalah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh pembelajaran kooperatif jigsaw terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa MTs Al-Washliyah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Al-Washliyah. Untuk sampel penelitian ini adalah kelas VIIA-1 dan kelas VIIA-2. Analisis data dilakukan dengan pretest-posttest control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran kooperatif jigsaw terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa MTs Al-Washliyah 16 Perbaungan. Hal ini terlihat dari hasil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematika kelas kontrol setelah diberikan pembelajaran dan posttest, dimana diketahui berdasarkan perbandingan jumlah nilai dan rata-rata posttest kedua kelas sampel, yaitu jumlah nilai kelas eksperimen = 2727,5 > jumlah nilai kelas kontrol = 2490, dan rata-rata kelas eksperimen = 75,76 > rata-rata kelas kontrol = 69,17

Referensi

Abdurrahman, Mulyono. 2012. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2003. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar: Kata Pengantar: Dr. H. Abdul Kodir, M.Ag. Bandung: Pustaka Setia.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta:Rajawali Pers.

Riyanto, Agus. 2012. Efektivitas Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Pendowo 03 Semester II Kab. Temanggung Tahun Ajaran 2011/2012. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta:Rajawali Pers.

Suherman, Erman, dkk. 2001. Common Text Book: Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Suherman, Erman, dkk. 2001. Common Text Book: Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Unduhan

Diterbitkan

2021-06-16

Cara Mengutip

Juliana, M., Simamora, M. I., & Astika, D. (2021). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa. FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika , 4(1), 39–43. https://doi.org/10.47662/farabi.v4i1.91

Terbitan

Bagian

Articles