Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Matematika Dalam Memecahkan Masalah Struktur Aljabar Ring Materi Daerah Integral Dan Field

Penulis

  • Clarisa Clarisa Prodi Pendidikan Matematika, FITK, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan-Indonesia 20371
  • Fatma Liana Rahma Prodi Pendidikan Matematika, FITK, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan-Indonesia 20371
  • Fauziah Nur Prodi Pendidikan Matematika, FITK, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan-Indonesia 20371
  • Khairunnisa Hasibuan Prodi Pendidikan Matematika, FITK, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan-Indonesia 20371
  • Nabila Khodijah Prodi Pendidikan Matematika, FITK, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan-Indonesia 20371
  • Siti Maysarah Prodi Pendidikan Matematika, FITK, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan-Indonesia 20371

DOI:

https://doi.org/10.47662/farabi.v4i1.93

Kata Kunci:

Daerah integral, field

Abstrak

Berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting peserta didik, khususnya mahasiswa agar dapat menghubungkan persoalan atau informasi yang diperolehnya melalui penyelidikan dan penkajian secara sistematis sehingga menghasilkan ide atau solusi untuk pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan menganalisis atau menggambarkan kemampuan berpikir kritis matematika mahasiswa jurusan pendidikan matematika pada materi daerah integral dan field. Indikator yang digunakan untuk menggambarkan kemampuan berpikir kritis matematika mahasiswa antara lain kemampuan identifikasi masalah, analisis, sintesis, inferensi dan evaluasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh secara online menggunakan media google form. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket tentang bagaimana pandangan mereka mengenai pemahaman materi daerah integral dan field yang terdiri dari 6 pertanyaan. Kemampuan berpikir kritis matematika mahasiswa jurusan pendidikan matematika pada mata kuliah stuktur aljabar ring materi daerah integral dan field tergolong rendah. Hal ini disebabkan karena dari uraian karakteristik kemampuan berpikir kritis matematika subjek pada masing-masing predikat diperoleh bahwa secara umum mahasiswa hanya mampu memenuhi sebagian indikator berpikir kritis atau belum mampu memenuhi seluruh indikator berpikir kritis. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kritis matematika mahasisa pada materi daerah integral dan field tersebut antara lain : sistem pembelajaran daring yang kurang efektif, penguasaan konsep-konsep daerah integral dan field dan materi prasyarat (kemampuan awal) serta penerapannya, dan kurangnya motivasi serta minat belajar mahasiswa.

Referensi

Abidin, Zainal. (2017). Filsafat dan Pemecahan Masalah Matematika.

Dewi, Nurmala Rosmitha. (2019). Polinomial Atas Ring. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim.

Dwijananti, P. dan D. Yulianti. (2010). Jurnal pengembangan kemampuan berpikir kritis mahasiswa melalui pembelajaran Problem Based Instruction.

Hamidah, Luluk (2018). Higher Order Thinking Skills, Jawa Tengah : Desa Pustaka Indonesia.

Hidayah, Noor. (2017). Cara Mudah Memahami Struktur Aljabar. Malang: Universitas Brawijaya Press (UB Press).

Karso dkk,. (2009). Pendidikan Matematika 1, Edisi 1,Jakarta: Universitas Terbuka.

Maysarah, Siti. (2020). Struktur Aljabar Ring, Jakarta: Kencana.

Muijs, Daniel dan David Reynolds. (2008). Effective Teaching Teori dan Aplikasi, Edisi Kedua. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.

Olivia, Femi dan Syamsir Alam. (2006). Mind Energizer, Jakarta: PT. Gramedia.

Prihartini, Eka, dkk. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berpikir kritis Matematis Menggunakan Pendekatan Open Ended, Seminar Prosiding UNNES.

Pritasari, Ajeng Desi Crisandi. (2011). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Matematika (Penenlitian Tindakan Kelas di Kelas XI IPA 2 Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Yogyakarta) Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI), Skripsi, Yogyakarta; Universitas Negeri Yogyakarta.

Rachman, Febi Riani, dkk. Ideal Pada Ring Komutatif, Jurnal Matematika UNAND, Vol. 7, No. 2

Suci, Yuniati. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Struktuir Aljabar Berbasis Tugas Tesitasi Untuk Mahasiswa Universitas Islam Negeri Suska Riau, Gamatika, Vol. 3, No. 1.

Sulistiani, Eny dan Masrukan. (2016). Pentingnya Berpikir Ktitis Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Menghadapi Tantangan MEA. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Sulistyorini, Yuni dan Siti Napfiah. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Dalam Memecahkan Masalah Kalkulus, Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, Vol. 8, No. 2.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Bilangan dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Perenada Media Group.

Sanjaya, Wina. (2008). Strategi Pembelajaran, Jakarta; kencana.

Uniarti, Annisa. (2019). Suatu Kajian Tentang Jumlahan Langsung Pada Ring. Makasar: Universitas Negeri Makassar.

Unduhan

Diterbitkan

2021-06-18

Cara Mengutip

Clarisa, C., Rahma, F. L., Nur, F., Hasibuan, K., Khodijah, N., & Maysarah, S. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Matematika Dalam Memecahkan Masalah Struktur Aljabar Ring Materi Daerah Integral Dan Field. FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika , 4(1), 52–60. https://doi.org/10.47662/farabi.v4i1.93

Terbitan

Bagian

Articles