PENGEMBANGAN MODUL GEOMETRI SD BERBASIS ETNOMATEMATIKA

Penulis

  • Putri Utami Sriwanti Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Sukmawarti Sukmawarti 2Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.47662/pedagogi.v8i1.240

Kata Kunci:

Pengembangan, Modul, Etnomatematika

Abstrak

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan R&D ( Research and Development ) dengan modifikasi model pengembangan ADDIE ( Analysis, Design, and Development) yang bertujuan untuk mengembangkan modul geometri SD berbasis etnomatematika, dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan layak untuk digunakan berdasarkan validasi oleh ahli materi memperoleh 15 kategori penilaian “YA” dari 15 pernyataan dan validasi oleh ahli media I dan ahli media II sama-sama memberikan 14 kategori penilaian “YA” dan 1 kategori penilaian “TIDAK”. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Modul Geometri SD Berbasis Etnomatematika layak untuk digunakan.

Referensi

Asnawati, S., Liliana, I., & Muhtarulloh, F. (2014). Penerapan Pembelajaran Inkuiri Dengan Etnomatematik Pada Materi Bangun Datar Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Jurnal Euclid, 2(2), 275-295.

Aswir, Wina. 2011. Ensiklopedia Matematika Jilid 3. Jakarta: CV. Ghina Walafafa.

Ayuningtyas, A., & Setiana, D. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Etnomatematika Kraton Yogyakarta. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 11-19. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1630

Fauzi, A., & Lu’luilmaknun, U. (2019). Etnomatematika Pada Permainan Dengklaq Sebagai Media Pembelajaran Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 2019, 408-419. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2303

Halim, E. A. (2020). Konservasi Bangunan Bersejarah Pada Rumah “Siwaluh Jabu” Desa Lingga. Journal Of Design, 4(2), 135-145. DOI: https://doi.org/10.28932/srjd.v4i2.1433.

Hidayatulloh, N., & Hariastuti, R. (2018). Kajian Etnomatematika Angklung Paglak Banyuwangi. AKSIOMA: Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 7(3), 380-389. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v7i3.1534

Ismadi, Janu. 2013. Bangun Datar. Jakarta Selatan: Buana Cipta Pustaka.

Kustandi, Cecep, dan Darmawa, Daddy. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Nasryah, Eva, dan Rahman, Aulia. 2020. Ethnomathematics (Matematika dalam Perspektif Budaya). Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia.

Rismawati., Suhendri, H., & Zulkarnain, I. (2019). Pengembanagn Desain Pembelajaran Matematika Kelas IV SD Berbasis Etnomatematika. Journal Of Mathematics Education, Science and Technology, 4(2), 230-250. DOI: http://dx.doi.org/10.30651/must.v4i2.3201

Rosa, M., D’Ambrosio, U., Orey, D.C., Shirley, L., Alangui W.V., Palhares, P., Gavarrete, M.E. (2016). Current and Future Perspectives of Ethnomathematics as a Program. DOI 10.1007/978-3-319-30120-4

Rusli, M., & Antonius, L. (2019). Meningkatkan Kognitif Siswa SMAN I Jambi Melalui Modul Berbasis E-Book Kvisoft Flipbook Maker. JSON, 1(1), 59-68. DOI: 10.30865/json.v1i1.1397

Saraswaty, R., Suprayitno. (2017). Perubahan Bangunan Tradisional Karo Dengan Pendekatan Arsitektur Vernakular. Education Building, 3(2), 2477-4898. DOI: https://doi.org/10.24114/eb.v3i2.8257

Sirate, SF. (2011). Studi Kualitatif Tentang Aktivitas Etnomatematika Dalam Kehidupan Masyarakat Tolaki. Lentera Pendidikan, 14(2), 123-136. https://doi.org/10.24252/lp.2011v14n2a1

Sirate, SF. (2012). Implementasi Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika Pada Jenjang Pendidikan Sekolah Dasar. Lentera Pendidikan, 15(42), 41-54. https://doi.org/10.24252/lp.2012v15n1a4

Utami, R.E., Nugroho, A.A., Dwijayanti, I., & Sukarno, A. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. JNPM, 2(2), 268-283. DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.1458

Unduhan

Diterbitkan

2022-01-03

Cara Mengutip

Sriwanti, P. U., & Sukmawarti, S. (2022). PENGEMBANGAN MODUL GEOMETRI SD BERBASIS ETNOMATEMATIKA. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(1), 31–38. https://doi.org/10.47662/pedagogi.v8i1.240

Terbitan

Bagian

Artikel