PENGEMBANGAN MODUL GEOMETRI SD BERBASIS ETNOMATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.47662/pedagogi.v8i1.240Kata Kunci:
Pengembangan, Modul, EtnomatematikaAbstrak
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan R&D ( Research and Development ) dengan modifikasi model pengembangan ADDIE ( Analysis, Design, and Development) yang bertujuan untuk mengembangkan modul geometri SD berbasis etnomatematika, dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan layak untuk digunakan berdasarkan validasi oleh ahli materi memperoleh 15 kategori penilaian “YA” dari 15 pernyataan dan validasi oleh ahli media I dan ahli media II sama-sama memberikan 14 kategori penilaian “YA” dan 1 kategori penilaian “TIDAK”. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Modul Geometri SD Berbasis Etnomatematika layak untuk digunakan.
Referensi
Asnawati, S., Liliana, I., & Muhtarulloh, F. (2014). Penerapan Pembelajaran Inkuiri Dengan Etnomatematik Pada Materi Bangun Datar Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Jurnal Euclid, 2(2), 275-295.
Aswir, Wina. 2011. Ensiklopedia Matematika Jilid 3. Jakarta: CV. Ghina Walafafa.
Ayuningtyas, A., & Setiana, D. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Etnomatematika Kraton Yogyakarta. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 11-19. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1630
Fauzi, A., & Lu’luilmaknun, U. (2019). Etnomatematika Pada Permainan Dengklaq Sebagai Media Pembelajaran Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 2019, 408-419. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2303
Halim, E. A. (2020). Konservasi Bangunan Bersejarah Pada Rumah “Siwaluh Jabu” Desa Lingga. Journal Of Design, 4(2), 135-145. DOI: https://doi.org/10.28932/srjd.v4i2.1433.
Hidayatulloh, N., & Hariastuti, R. (2018). Kajian Etnomatematika Angklung Paglak Banyuwangi. AKSIOMA: Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 7(3), 380-389. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v7i3.1534
Ismadi, Janu. 2013. Bangun Datar. Jakarta Selatan: Buana Cipta Pustaka.
Kustandi, Cecep, dan Darmawa, Daddy. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Nasryah, Eva, dan Rahman, Aulia. 2020. Ethnomathematics (Matematika dalam Perspektif Budaya). Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia.
Rismawati., Suhendri, H., & Zulkarnain, I. (2019). Pengembanagn Desain Pembelajaran Matematika Kelas IV SD Berbasis Etnomatematika. Journal Of Mathematics Education, Science and Technology, 4(2), 230-250. DOI: http://dx.doi.org/10.30651/must.v4i2.3201
Rosa, M., D’Ambrosio, U., Orey, D.C., Shirley, L., Alangui W.V., Palhares, P., Gavarrete, M.E. (2016). Current and Future Perspectives of Ethnomathematics as a Program. DOI 10.1007/978-3-319-30120-4
Rusli, M., & Antonius, L. (2019). Meningkatkan Kognitif Siswa SMAN I Jambi Melalui Modul Berbasis E-Book Kvisoft Flipbook Maker. JSON, 1(1), 59-68. DOI: 10.30865/json.v1i1.1397
Saraswaty, R., Suprayitno. (2017). Perubahan Bangunan Tradisional Karo Dengan Pendekatan Arsitektur Vernakular. Education Building, 3(2), 2477-4898. DOI: https://doi.org/10.24114/eb.v3i2.8257
Sirate, SF. (2011). Studi Kualitatif Tentang Aktivitas Etnomatematika Dalam Kehidupan Masyarakat Tolaki. Lentera Pendidikan, 14(2), 123-136. https://doi.org/10.24252/lp.2011v14n2a1
Sirate, SF. (2012). Implementasi Etnomatematika Dalam Pembelajaran Matematika Pada Jenjang Pendidikan Sekolah Dasar. Lentera Pendidikan, 15(42), 41-54. https://doi.org/10.24252/lp.2012v15n1a4
Utami, R.E., Nugroho, A.A., Dwijayanti, I., & Sukarno, A. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. JNPM, 2(2), 268-283. DOI: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.1458
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.