ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.47662/pedagogi.v8i1.245Kata Kunci:
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Hasil BelajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode Library Research yang berlokasi diperpustakaan atau ruang baca secara offline maupun online. Sumber data penelitian ini yaitu 10 jurnal atau artikel karya ilmiah yang berhubungan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu telaah dokumen atau biasa disebut dengan dokumentasi. Dokumentasi dilakukan dengan mengumpulkan data-data tentang model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan mendeskripsikan data penelitian yang ada. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari hasil penelitian, menyatakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD berperan dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan layak digunakan dalam pembelajaran.
Referensi
Adek N. H. & Ishak H. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Kemampuan
Antonius A. W. & Hanif F. B. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V SD Materi Kerajaan Dan Peninggalan Hindu Di Indonesia.
Eddy N. & Muhammad Nailul H. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas IV SD Negeri 79 Pekanbaru. (Online).
Esminarto, Sukowati, Nur S. & Khoirul A. 2016. Implementasi Model STAD Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.
Fitria K. 2015. Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Studens Teams Achievement Divison).
Hasrat. 2019. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD.
Hayati, Sri. 2017. Belajar & Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Megelang: Graha Cendekia.
Hazmiwati. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar.
I Putu A. S & I Gede A. W. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA.
Isjoni, H. 2016. Cooperative Learning Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok. Bandung:Alfabeta
Istarani. 2015. Hasil Pembelajaran. Medan: Media Persada
Jesmita. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.
Jihad, Asep dan Abdul Haris. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Lazim N. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas V SD Negeri 35 Pekanbaru.
Nasaruddin. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Kelas IV SDN 10/73 Arallae Kecamatan Kahu Kabupaten Bone.
Ni Nyoman S. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Pada Siswa Kelas III SD.
Nurdyansyah, Eni Fariyatul Fahyuni. 2016. Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center Sidoarjo.
Priatna, Tedi. 2017. Prosedur Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Insan Mandiri.
Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada
Slavin, R.E. 2016. Cooperative Learning Teori, Riset Dan Praktik. Bandung:Nusa media
Shoimin, Aris. 2018. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Yogyakarta.
Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Penada Media Group.
Zebua, M. H. 2018. Pengaruh Penggunaan Model Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Pada Materi Pokok Mangelola Dana Kas Kecil Di Kelas XI SMKS Pancha Dharma Padangsidimpuan.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.