PENGARUH METODE SNOWBALL THROWING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 BERINGIN TAHUN PEMBELAJARAN 2021-2022

Penulis

  • Cindi Pratami Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, Medan
  • Tiflatul Husna Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, Medan

DOI:

https://doi.org/10.47662/pedagogi.v8i2.375

Kata Kunci:

Snowball Throwing, menulis, puisi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mempengaruhi metode (snowball throwing) terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMK Negeri 1 Beringin tahun pembelajaran 2021-2022 yang berjumlah 33 siswa. Sampel penelitian ini adalah sampel yang ditetapkan dari sebagian jumlah populasi yang ada, yaitu sebanyak 440 siswa. Penelitan ini bersifat eksperimen dengan model one group pretest and posttest design. Dari pengolahan data diperoleh hasil pretest dengan rata-rata 64,54, standar deviasi 1,74, 12,12% dengan kategori baik sekali, 30,30 dengan kategori baik, dengan kategori cukup 18,18% , 15,15% dengan kategori kurang, dan 24,24% dengan kategori kurang baik. Sedangkan hasil posttest diperoleh rata-rata 85,60, standar deviasi 1,43, 57,57% dengan kategori baik sekali, 27,27% dengan kategori baik, dengan kategori cukup 15,15%. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapat to 67,93. Setelah to diketahui kemudian dikonsultasikan pada taraf signifikan 5% dengan df= N-1 (33-1) =32, dari df 32 diperoleh taraf signifikan 5%= 1,69, karena to yang diperoleh lebih besar dari yaitu 67,93 maka hipotesis alternatif (ha) diterima. Berdasarkan analisis data diatas dapat disimpulkan metode pembelajaran (Snowball Throwing) berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis puisi kelas X SMK Negeri 1 Beringin Tahun Pembelajaran 2021-2022.

Referensi

Prayoga, Anjar Miska, Sigit Santoso, Nurhasan Hamidi. Jurnal Pendidikan Ekonomi (2013) elibrary.unikom.ac.id. april 2018 (diakses pada tanggal 12 Maret 2022) pukul 19.55 Wib

Simarmata, Janner (2019). Kita Menulis: Semua Bisa Menulis Buku. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Kurniawati, Lilis, Reza Oktiana Akbar, Muhamad Ali Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching (2015)Jurnal,2018 repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id

Dewi, Risa Pramita, I Gede Margunayasa, I Made Suarjana MIMBAR PGSD Undiksha 9 (3), 2021

Sanjaya, Wina (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan ( Cetakan ke 12). Jakarta: Kencana Prenada Media.

Sumaryanto (2019). Karya Sastra Bentuk Puisi. Semarang: Penerbit Mutiara Aksara.

Sugiarto, Eko. (2009). Mengenal Pantun dan Puisi Lama. Jakarta: Pustaka Widyatama.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Alfabeta, Bandung, 2011, hlm. 112. Ibid., hlm.113.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta. Hal. 114.

Helna, Suntika Lia. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi Siswa Kelas X SMA N 15 Padang.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta : Bandung.

trigonalmedia. 2015.08.cara menulis puisi (diakses pada tanggal 12 Maret 2022) pukul 20.18 Wib.

Yusuf, Yusri, Ridwan ibrahim, &Deni Iskandar (2017). Keterampilan Menulis: Pengantar pencapaian kemampuam espitemik. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press

Unduhan

Diterbitkan

2022-07-05

Cara Mengutip

Pratami, C. ., & Husna, T. . (2022). PENGARUH METODE SNOWBALL THROWING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 BERINGIN TAHUN PEMBELAJARAN 2021-2022. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(2), 102–108. https://doi.org/10.47662/pedagogi.v8i2.375

Terbitan

Bagian

Artikel