PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA DALAM DRAMA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2021- 2022

Penulis

  • Winda Astutik Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, Medan
  • Putri Juwita Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, Medan

DOI:

https://doi.org/10.47662/pedagogi.v8i2.376

Kata Kunci:

Role Playing, Keterampilan Berbicara, Drama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mempengaruhi metode (role playing) terhadap keterampilan berbicara dalam drama pada siswa kelas XI TITL 1 dan TITL 2 SMK Negeri 2 Medan tahun pembelajaran 2021-2022 yang berjumlah 29 siswa. Sampel penelitian ini adalah sampel yang ditetapkan dari sebagian jumlah populasi yang ada, yaitu sebanyak 193 siswa. Penelitan ini bersifat eksperimen dengan model one group pretest and posttest design. Dari pengolahan data diperoleh hasil pretest dengan rata-rata 71,44, standar deviasi 15,22, 23,52% dengan kategori baik sekali, 35,29% dengan kategori baik, dengan kategori cukup 11,76%, 11,76% dengan kategori kurang, dan 17,64%. Sedangkan hasil posttest diperoleh rata-rata 82,08, standar deviasi 5,09, 50% dengan kategori baik sekali, 4% dengan kategori baik, dengan kategori cukup 16,16%, berkategori kurang 0% dan kategori kurang baik 0%. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, didapat to 2,79. Setelah to diketahui kemudian dikonsultasikan pada taraf signifikan 5% dengan df= N-1 (12-1) =11, dari df 11 diperoleh taraf signifikan 5%= 4,84, karena to yang diperoleh lebih besar dari yaitu 2,79 maka hipotesis alternatif (ha) diterima. Berdasarkan analisis data diatas dapat disimpulkan metode pembelajaran (Role Playing) berpengaruh positif terhadap keterampilan berbicara dalam drama kelas XI TITL 1 dan XI TITL 2 SMK Negeri 2 Medan Tahun Pembelajaran 2021-2022.

Referensi

Amalia, Lilik. (2013). Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Teknik Bermain Peran pada Siswa Kelas III MI Ziyadatul Huda Jakarta Timur Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. PGMI-UINSH.

Depdikbud. (2003). Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab I Pasal I. Jakarta : Depdikbud

Dixit, A. M., S. V. Subba Rao, Original Article, K Choudhary, M. Singh, O. P. Choudhary, and others, ‘Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Peserta Didik Di Sekolah Dasar’, Analytical Biochemistry, 11 (2018), 1–5

Ernani, and Ahmad Syarifuddin, ‘Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Wathoniyah’, JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 2 (2016), 31–32

Endraswara, Suwardi. 2001. Metode Pembelajaran Drama. Jakarta: Caps

Hendri Guntur Tarigan. (2008). Berbicara Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Isroni, Isroni (2014) Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VI SD Negeri 3 Putatnganten Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nugraha, Nareswara. (2013). Penerapan Model Role Playing untuk meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS siswa Kelas V SDN Kedundung 1 Kota Mojokerto. Skripsi, S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang.

‘Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SD Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia’, 10 (2019), 71–76

Pratiwi, Dyah Putri, ‘Pada Peserta Didik Kelas V SD Di Kelurahan Makasar , Jakarta Timur’, 2016, 1–157

Silalahi, Wesly. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Role Playing Pada

Pelajaran IPS Kelas IV SD Swasta Xaverius Padang Sidimpuan. School Education Journal (SEC). Vol. 8 No. 2 Juni 2018

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. 1979. Berbicara sebagai Suatu Keterampilan Berbicara. Bandung: Angkasa.

Tarigan, H.G. (2015). Berbicara Sebagai Salah Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Yamin, Marintis. (2007). Profesionalisme Guru dan Implementasi KTSP”. Jakarta: Gaung Persada Press.

Wiastra. (2013). Penerapan Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Denpasar Tahun 2012/2013.

Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group

Unduhan

Diterbitkan

2022-07-08

Cara Mengutip

Astutik, W. ., & Juwita, P. . (2022). PENGARUH METODE ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA DALAM DRAMA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2021- 2022. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(2), 109–115. https://doi.org/10.47662/pedagogi.v8i2.376

Terbitan

Bagian

Artikel