PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XII-SMK 2 AL-WASHLIYAH PASAR SENEN MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.47662/pedagogi.v9i1.550Kata Kunci:
Pemecahan Masalah, Pembelajaran Kooperatif, Think Pair ShareAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMK 2 Al-Washliyah Pasar Senen Medan yang diajarkan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe TPS bersifat Normal dan Homogen. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi > 0,05. Selanjutnya peneliti menyimpulkan bahwa kooperatif tipe TPS lebih tinggi dari pada kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini dibuktikan dengan pengajuan hipotesis dilakukan dengan statistik uji one way Anova. Dimana hasil Pretes one way Anova yaitu dengan taraf signifikansi (á) = 0,05 yaitu dan Post-tes yaitu yang lebih besar dibandingkan dengan nilai F hitung > F tabel dengan taraf signifikansi (á) = 0,05 yaitu 4,08 (56,610 >4,08) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, maka terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan matematis siswa yang diberi pembelajaran tipe kooperatif TPS yang lebih tinggi dibanding kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional.
Referensi
Agus Suprijono, Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM, Surabaya: Pustaka Pelajar, 2012.
Anita Lie, Cooperatif Learning
Mempraktekkan Cooperatif di Ruang-Ruang Kelas , Jakarta: Grasindo, 2002,
Anni Chatarina dkk, Psikologi Belajar,
Malang: UPT MKK Universitas Negeri Malang, 2004.
Burhanuddin Salam, Cara belajar yang
Sukses di Perguruan Tinggi, Jakarta: Rineka Cipta, 2004.
Darsono, Belajar dan Pembelajaran,
Semarang: IKIP Press, 2004.
Djiwandono, Psikologi Pendidikan,
Jakarta: Grasindo, 2002.
Isjoni, Cooperative Learning Efektivitas
Pembelajaran Kooperatif, Bandung, Alfabeta, 2009.
Model, P., Kooperatif, P., Jigsaw, T.,
Kemampuan, T., Masalah, P., Siswa, M., Swasta, S., Batang, S., Dira, S., Sari, P., Saputri, L., Matematika, J. P., Keguruan, S. T., Pendidikan, I., Binjai, B., High, J., Swadaya, S., & Serangan, B. (2018). Influence of Cooperative Learning Model of Jigsaw Tipa on Problem Solving Ability of Mathematics of Private. Jurnal MathEducation Nusantara, 1(2), 108–115.
Oemar Hamalik, Proses Belajar
Mengajar, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2011.
Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang
Mempengaruhinya, Edisi Revisi, cet.3, Jakarta: Rineka Cipta, 1995.
Suci, A. A. W., & Rosyidi, A. H. (2012).
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Pembelajaran Problem Posing Berkelompok. MATHEdunesa, 1(2), 1–8. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/3/article/view/1204/873
Sudjana, Metode Statistik, Bandung:
Tarsito, 2001.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.