PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XII-SMK 2 AL-WASHLIYAH PASAR SENEN MEDAN

Penulis

  • Israq Maharani Universitas Alwashliyah Medan, Indonesia
  • Kamal Arief Universitas Alwashliyah Medan, Indonesia
  • siti salmah oktavia Universitas Alwashliyah Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47662/pedagogi.v9i1.550

Kata Kunci:

Pemecahan Masalah, Pembelajaran Kooperatif, Think Pair Share

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS)  dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMK 2 Al-Washliyah Pasar Senen Medan yang diajarkan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe TPS bersifat Normal dan Homogen. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi > 0,05. Selanjutnya peneliti menyimpulkan bahwa kooperatif tipe TPS lebih tinggi dari pada kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hal ini dibuktikan dengan pengajuan hipotesis dilakukan dengan statistik uji one way Anova. Dimana hasil Pretes one way Anova yaitu dengan taraf signifikansi (á) = 0,05 yaitu dan Post-tes yaitu yang lebih besar dibandingkan dengan nilai F hitung > F tabel dengan taraf signifikansi (á) = 0,05 yaitu 4,08 (56,610 >4,08) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, maka terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan matematis siswa yang diberi pembelajaran tipe kooperatif TPS yang lebih tinggi dibanding kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Referensi

Agus Suprijono, Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM, Surabaya: Pustaka Pelajar, 2012.

Anita Lie, Cooperatif Learning

Mempraktekkan Cooperatif di Ruang-Ruang Kelas , Jakarta: Grasindo, 2002,

Anni Chatarina dkk, Psikologi Belajar,

Malang: UPT MKK Universitas Negeri Malang, 2004.

Burhanuddin Salam, Cara belajar yang

Sukses di Perguruan Tinggi, Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Darsono, Belajar dan Pembelajaran,

Semarang: IKIP Press, 2004.

Djiwandono, Psikologi Pendidikan,

Jakarta: Grasindo, 2002.

Isjoni, Cooperative Learning Efektivitas

Pembelajaran Kooperatif, Bandung, Alfabeta, 2009.

Model, P., Kooperatif, P., Jigsaw, T.,

Kemampuan, T., Masalah, P., Siswa, M., Swasta, S., Batang, S., Dira, S., Sari, P., Saputri, L., Matematika, J. P., Keguruan, S. T., Pendidikan, I., Binjai, B., High, J., Swadaya, S., & Serangan, B. (2018). Influence of Cooperative Learning Model of Jigsaw Tipa on Problem Solving Ability of Mathematics of Private. Jurnal MathEducation Nusantara, 1(2), 108–115.

Oemar Hamalik, Proses Belajar

Mengajar, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2011.

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang

Mempengaruhinya, Edisi Revisi, cet.3, Jakarta: Rineka Cipta, 1995.

Suci, A. A. W., & Rosyidi, A. H. (2012).

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Pembelajaran Problem Posing Berkelompok. MATHEdunesa, 1(2), 1–8. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/3/article/view/1204/873

Sudjana, Metode Statistik, Bandung:

Tarsito, 2001.

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-13

Cara Mengutip

Maharani, I. ., Arief, K. ., & oktavia, siti salmah. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XII-SMK 2 AL-WASHLIYAH PASAR SENEN MEDAN. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1), 23–30. https://doi.org/10.47662/pedagogi.v9i1.550

Terbitan

Bagian

Artikel