PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI BERMUATAN EKOLOGI BAGI SISWA MTS MIFTAHUSSALAM

Penulis

  • Wina Wulandari Universitas Alwashliyah Medan
  • Sukma Adelina Ray Universitas Alwashliyah Medan, Indonesia
  • Arianto Arianto Universitas Al Washliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.47662/pedagogi.v9i2.607

Kata Kunci:

bahan ajar laporan teks hasil observasi; lingkungan; ekologi.

Abstrak

Ekologi merupakan sumber daya yang bagus bagi guru sebagai penunjang dalam proses pengajaran laporan hasil observasi terutama pengalaman belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk membuat bahan ajar teks laporan hasil observasi bermuatan ekologi  dan keefektivitas hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan model Hanafin & Peck terdiri dari tiga proses, yaitu: tahap analisis kebutuhan, tahap desain, dan pengembangan implementasi. Subjek penelitian terdiri 32 siswa kelas VII-A MTs Miftahussalam. Hasil penelitian terdapat pengembangan bahan ajar  pembelajaran teks laporan hasil observasi berupa bahan ajar bermuatan ekologi Sumatera Utara yang tergambar melalui lingkungan. Hasil validasi oleh ahli materi rata-rata 87,5 hasil validasi oleh ahli desain modul 87,91 dan respon penilaian guru bahasa Indonesia dengan rata-rata 82,29 pada kriteria “baik”. Berdasarkan hasil kemampuan belajar siswa pada materi teks laporan hasil dengan nilai 82,15 dengan selisih segnifikansi 15,06% dengan kategori “baik”.

Referensi

Ande, Wina Widianti. 2014. Kajian Ekologi Sastra dalam Kumpulan Cerpen Pilihan Kompas Di Tubuh Tarra Dalam Rahim Pohon. Jurnal

Amri, Sofan. 2015. Implementasi Pembelajaran Aktif dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Aron, Meko Mbete. 2015. Pembelajaran Bahasa Berbasis Lingkungan: Perspektif Ekolinguistik. Retorika: Jurnal Ilmu Bahasa, Vol. 1, No. 2

Asyhar, Rayanda. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press Jakarta.

Atmazaki. 2013. Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia: Pola piker, Pendekatan Ilmiah, Teks (Genre), dan Penilian Otentik. http://ejournal.unp.ac.id/indek.php/isla/article/download/3962/3193. Diakses 3 Maret 2019.

Burhan Nurgiyantoro. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yoggyakarta: BPFE

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Dick, W., Carey, L.& Carey, J.O. 2009. The systematic design of instruction (7th ed). Boston: Allyn and Bacon.

Diknas. 2004. Pedoman Umum Pemilihan dan Pemanfaatan Bahan Ajar. Jakarta: Ditjen Dikdasmenum.

Dinata, Nana Syaodih Sukma. 2015. Pengembangan Bahan Ajar Bahasa dan Sastra Indonesia. Medan: Perdana Mulya Sarana.

Dwidjoseputro, D. 2011. Ekologi: Manusia dan Lingkunganya. Jakarta: Erlangga

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hyland, K. 2003. Second Language Writing. Cambridge Language Education. Edited by Jack C. Richard.

Hana, Yunansah dkk. 2017. Kajian Ekologi Sastra Dalam Kumpulan Cerpen Pilihan Kompas 2014 Di Tubuh Tarra Dalam Rahim Pohon. Jurnal Diksatrasia Volume 2.

Harsono, Siswo, 2008. Jurnal Ekokritik: “Kritik Sastra Berwawasan Lingkungan” Semarang: Undip.

Hasnun. 2004. Pedoman dan Petunjuk Praktis Karya Tulis. Yogyakarta: Absolut.

Haugen, E. 1972. The Ecology of Language. dalam Dil, A.S. (ed) The Ecology of Language: Essays by Einar Haugen. Stanford: Stanford University Press.

Khan, Badrul. 2005. Managing E-Learning Strategies: Design, Delivery, Implementation and Evaluation. Hershey: Information Science Publishing.

Kemendikbud. 2017. Buku Guru Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta: Politeknik Negeri Media Kreatif.

Kosasih, E. 2018. Jenis-Jenis Teks Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMP/MTs.. Bandung: Yrama Widya.

Kridalaksana, Harimurti. 1982. Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia.

Kusmarmi. 2015. Peningkatan Kualitas Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Kelas X Mipa SMA Negeri 1 Pakem dengan Metode “Think-pair-share”. Jurnal Ilmiah Guru “COPE”, No. 02/Tahun XIX/November

Machi, Koji. 2013. Teaching Materials Collection. Tokyo: Coucil Autheries for International Relations (Clair).

Majid, Abdul. 2007. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mardiana, Sari. 2018. Ekologi Sastra Pada Puisi Dalam Novel Bapangku

Bapunkku Karya Pago Hardian

Muti’ah, Arju dkk. 2019. Belajar Bahasa Indonesia Melalui Teks Bermuatan Pendidikan Ekologi Berbasis Kearifan Lokal Osing Jurnal Belajar Bahasa, E-ISSN 2503-0329 Volume 4, No. 1.

Prastowo, Andi. 2015: Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

________2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Quin, Donspri Tulalessy. 2016. Pembelajaran Bahasa Berbasis Lingkungan

Sebagai Upaya Membangun Kecerdasan Ekologis. Jurnal Triton Pendidikan Vol. 01, No.01.

Riyana, Cepi. 2009. Teknologi Informasi dan Komunikasi [Online]. Tersedia: http://kurtek.upi.edu/tik/content/blended.pdf [22 Maret 2019].

Rohmat Widiyanto. 2014. Keefektifan Pendekatan Saintifik D alam Menulis Teks Laporan Pengamatan dan Kemampuan Berpikir Kreatif Di Sekolah D asar Universitas Pendidikan Indonesia. repository.upi.edu perpustakaan.upi.edu

Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. 2013. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tegeh, Imade dkk. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tomlinson. Brian. 2014. Materials Development in Language Teaching. Cambridge. University Press.

Widhiarso, M. Noor Rochman Hadjam dan Wahyu. 2003. Budaya Damai Anti Kekerasan (Peace and Anti Violence). Jakarta: Ditjen Dikmenum.

Yusnadi. 2018. Pembelajaran Abad 21. Disampaikan pada Upacara Yudisium Program Pascasarjana unimed.

Yurnita, Samsu. 2012. Keterampilan Menulis. Medan: Umsu Press.

Zainurrahman. 2011. Menulis: dari Teori Hingga Praktik (Penawar Racun Plagiarisme). Bandung: Alfabeta.

Unduhan

Diterbitkan

2023-07-30

Cara Mengutip

Wulandari, W., Ray, S. A. ., & Arianto, A. (2023). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI BERMUATAN EKOLOGI BAGI SISWA MTS MIFTAHUSSALAM . Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(2), 132–140. https://doi.org/10.47662/pedagogi.v9i2.607

Terbitan

Bagian

Artikel