STUDENTS-MADE TUTORIAL VIDEO AS PROJECT BASED LEARNING TO ENHANCE STUDENTS’ PRONUNCIATION SKILLS

Penulis

  • Maspufah Maspufah STBA Persada Bunda
  • Yeni Afriyeni Sekolah Tinggi Bahasa Asing Persada Bunda, Pekanbaru
  • Jumerli Ariati Sekolah Tinggi Bahasa Asing Persada Bunda, Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.47662/pedagogi.v10i1.660

Kata Kunci:

Video Tutorial, PjBL, Pronunciation

Abstrak

Beberapa permasalahan dalam pengajaran pronunciation masih belum dapat diselesaikan seperti terbatasnya waktu dalam setiap sesi pembelajaran, perbedaan gaya belajar mahasiswa, dan perbedaan tingkat kemahiran bahasa Inggris siswa. Untuk mengatasi masalah ini, dosen perlu menentukan sebuah proyek yang memungkinkan mahasiswa menguasai teori dan praktik dalam mata kuliah tersebut yang relevan dengan perkembangan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dan sejauh mana video tutorial buatan mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan pengucapan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Teknik purposive sampling diterapkan dan sembilan orang mahasiswa semester I tahun ajaran 2023/2024 dari salah satu sekolah tinggi swasta di Pekanbaru diambil sebagai sampel. Data kuantitatif diperoleh dari ujian dan data kualitatif diperoleh dari observasi, checklist, catatan lapangan, dan wawancara. Setelah menganalisis data, ditemukan bahwa video buatan siswa mampu meningkatkan keterampilan pengucapan mahasiswa. Peningkatan kemampuan mahasiswa terseut dari level “cukup” menjadi “baik” pada akhir siklus 1. Faktor yang mempengaruhi peningkatan tersebut adalah proses persiapan dan produksi video yang meningkatkan kemampuan pronunciation mereka, terutama dalam pelafazan akhiran  –d /-ed dalam bahasa Inggris. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa video tutorial buatan siswa sebagai pembelajaran berbasis proyek memberikan  hasil positif untuk meningkatkan keterampilan pronunciation mahasiswa.

Referensi

Bell, S. (2010). Project-based learning for the 21st century: skills for the future. The Clearing House, 83(2). https://www.tandfonline.com/toc/vtch20/83/2?nav=tocList

Cruttenden, A. (2014). Gimson ’ s Pronunciation of English (8th ed.). Routledge.

Gilakjani, A. P. (2012). A Study of factors affecting EFL learners ’ English pronunciation learning and the strategies for instruction. International Journal of Humanities and Social Science, 3(2), 119–128.

Greene, H. and C. C. (2012). The Value of Student Created Videos in the College Classroom. International Journal of Arts and Sciences.

Maspufah. (2019). Improving Students’ ReadingSkillThrough the Use of ReciprocalTeaching Technique. J-SHMIC : Journal of English for Academic, 6(1), 26–32. https://journal.uir.ac.id/index.php/jshmic/article/view/2639/1543

Maspufah. (2022). Utilizing Youtube Video as Media Teaching in teaching Word Stress. Pendekar :Jurnal Pendidikan Berkarakter, 5(1), 23–28.

Maspufah and Zuriati, D. (2022). Implementing Speech-Texter Application to Improve EFL Learners ’ Fricative Pronunciation. 9(2), 1–12.

Maspufah, Fathira, V., Zuriati, D., Asril, L. Z., Afriyeni, Y., & Masbiran, G. (2023). Putting Pronunciation into Practice. Hawa and Ahwa.

Miles, Matthew B, Huberman, A, Michael and Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Method Source Book. California: Sage Publication Inc (Third Edit).

Puspa, A. (2016). Student-Made Video Project To Enhance Students’ Learning Experience. Iselt T-4, 4(1), 69–79.

Puspa, A., & Syahrial, S. (2017). The Students’ Responses on the Implementation of Student-Made Video Project in ESP Classroom to Train 21st Century Skills. 110(Iselt), 57–63. https://doi.org/10.2991/iselt-17.2017.11

Ravitz, J., Hixson, N., English, M., & Mergendoller, J. (2011). Using project based learning to teach 21st century skills: Findings from a statewide initiative. Paper Presented to Annual Meeting of American Educational Research Association.

Soh, T., Kamisah Osman, & A. N. (2012). A Validated 21st Century Skills Instrument for Secondary Science Students. Asian Social Science, 8(16).

Tyas, N. K., & Fitriani, N. (2021). Enhancing Students Speaking Skills by Making Video Youtube Tutorial as Project Based Learning. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 9(2), 233–244. https://doi.org/10.24256/ideas.v9i2.2262

Wurdinger, S., & Qureshi, M. (2015). Enhancing college students’ life skills through project based learning. Innovative Higher Education, 40(3).

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-29

Cara Mengutip

Maspufah, M., Afriyeni, Y., & Ariati, J. . (2024). STUDENTS-MADE TUTORIAL VIDEO AS PROJECT BASED LEARNING TO ENHANCE STUDENTS’ PRONUNCIATION SKILLS . Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(1), 50–57. https://doi.org/10.47662/pedagogi.v10i1.660

Terbitan

Bagian

Artikel