KEMAMPUAN MENGANALISIS NILAI-NILAI MORAL CERPEN “RABIAH” KARYA HASAN AL BANNA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 MEDAN

Penulis

  • Rabiatul Adawiyah Siregar Dosen PBSI FKIP Universitas Al Washliyah Medan

DOI:

https://doi.org/10.47662/pedagogi.v7i2.188

Kata Kunci:

Nilai Moral, Cerpen, Group Investigation

Abstrak

Penanaman nilai karakter yang menghasilkan nilai moral dapat diterapkan  dari pembelajaran bahasa indonesia salah satunya  adalah mengenai kemampuan siswa menganalisis nilai-nilai cerpen. Cerpen yang dianalisisi cerpen yang berjudul “Rabiah” karya Hasan Al Banna melalui model group investigation. Model pembelajaran group investigation ini sangat efektif dan efisien dilakukan dalam pembelajaran menganalisis cerpen jika dibandingkan dengan strategi konvensional. Penulis telah melakukan penelitian pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Medan. Hasilnya terlihat bahwa model group investigation  dapat meningkatkan kemampuan menganalisis nilai-nilai cerpen “Rabiah” karya Hasal Al-Banna.

Referensi

Al Banna, Hasan. 2011. Sampan Zulaiha: Antologi Cerpen Hasan Al Banna. Depok: Koekosan.

Aminudin. 2010. Kratif Menulis Puisi dan Cerita Pendek. Tanggerang: Citralab

Fitri, Agus Zaenal. 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai & Etika di Sekolah. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Haryanta, Agung Tri. 2012. Kamus Kebahasaan dan Kesustraan. Surakarta: Aksara SinergiMedia.

Huda, Miftahul. 2011. Strategi Pembelajaran Interaktif Kontemporer. Jakarta : Bina Aksara

Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: ISCOM.

Nurdin.2009.ModelGroupInvestigation.htpp/ahmadsudrajat.wordpress.com/2009/ 12 April 2014

Sanjaya. 2007. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Suprijono. 2011. Cooperative Learning. Yogjakarta : Pustaka Pelajar

Slavin, RE. 2010. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung : Nusa Media

Unduhan

Diterbitkan

2021-07-23

Cara Mengutip

Siregar, R. A. . (2021). KEMAMPUAN MENGANALISIS NILAI-NILAI MORAL CERPEN “RABIAH” KARYA HASAN AL BANNA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 MEDAN. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(2), 75–87. https://doi.org/10.47662/pedagogi.v7i2.188

Terbitan

Bagian

Artikel