KEMAMPUAN MENGANALISIS NILAI-NILAI MORAL CERPEN “RABIAH” KARYA HASAN AL BANNA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.47662/pedagogi.v7i2.188Kata Kunci:
Nilai Moral, Cerpen, Group InvestigationAbstrak
Penanaman nilai karakter yang menghasilkan nilai moral dapat diterapkan dari pembelajaran bahasa indonesia salah satunya adalah mengenai kemampuan siswa menganalisis nilai-nilai cerpen. Cerpen yang dianalisisi cerpen yang berjudul “Rabiah” karya Hasan Al Banna melalui model group investigation. Model pembelajaran group investigation ini sangat efektif dan efisien dilakukan dalam pembelajaran menganalisis cerpen jika dibandingkan dengan strategi konvensional. Penulis telah melakukan penelitian pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Medan. Hasilnya terlihat bahwa model group investigation dapat meningkatkan kemampuan menganalisis nilai-nilai cerpen “Rabiah” karya Hasal Al-Banna.
Referensi
Al Banna, Hasan. 2011. Sampan Zulaiha: Antologi Cerpen Hasan Al Banna. Depok: Koekosan.
Aminudin. 2010. Kratif Menulis Puisi dan Cerita Pendek. Tanggerang: Citralab
Fitri, Agus Zaenal. 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai & Etika di Sekolah. Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Haryanta, Agung Tri. 2012. Kamus Kebahasaan dan Kesustraan. Surakarta: Aksara SinergiMedia.
Huda, Miftahul. 2011. Strategi Pembelajaran Interaktif Kontemporer. Jakarta : Bina Aksara
Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: ISCOM.
Nurdin.2009.ModelGroupInvestigation.htpp/ahmadsudrajat.wordpress.com/2009/ 12 April 2014
Sanjaya. 2007. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Suprijono. 2011. Cooperative Learning. Yogjakarta : Pustaka Pelajar
Slavin, RE. 2010. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung : Nusa Media
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.