PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER DENGAN THINK PAIR SHARE PADA KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA

Penulis

  • Nur Rahmi Rizqi STKIP Asy-Syafi’iyah Internasional Medan
  • Khoiruddin Matondang Universitas Alwashliyah, Medan
  • Naili Sofa Universitas Alwashliyah Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47662/pedagogi.v7i2.84

Kata Kunci:

Kemampuan Koneksi Matematika, Numbered Head Together, Think Pair Share

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model pembelajaran number head together dengan think pair share pada kemampuan koneksi matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs YASPI Labuhan Deli dan yang dijadikan sebagai sampel sebanyak 2 kelas yang diambil secara acak. Pada kelas eksperimen 1 diberi pembelajaran menggunakan model pembelajaran NHT, sedangkan pada kelas eksperimen 2 diberi pembelajaran menggunakan model pembelajaran TPS. Instrmen dalam penelitian ini adalah tes kemampuan koneksi matematika sebanyak lima soal yang sebelumnya telah divalidasi oleh 2 orang validator dan diujicobakan di kelas lain di luar sampel penelitian untuk melihat validitas dan reliabilitas. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas tes. Normalitas diuji dengan menggunakan uji Lilliefors dan homogenitas dengan menggunakan uji F. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa sampel berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil penelitian kemampuan koneksi matematika kelas eksperimen-1 yang diajar menggunakan model pembelajaran NHT, diperoleh rata-rata tes sebesar 77,83, varians 78,01, dan simpangan baku 8,83 Sedangkan dari kelas eksperimen-2 yang diajar menggunakan model pembelajaran TPS, diperoleh rata-rata tes sebesar 69,22, varians 65,33, dan simpangan baku 8,08. Dari pengujian hipotesis pada taraf nyata α = 0,05 dengan dk = 46 diperoleh thitung > ttabel atau 7,18 > 1,99. Dengan demikian hipotesis penelitian diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbandingan Perbandingan Model Pembelajaran Number Head Together Dengan Think Pair Share Pada Kemampuan Koneksi Matematika Siswa.

Biografi Penulis

Khoiruddin Matondang, Universitas Alwashliyah, Medan

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model pembelajaran number head together dengan think pair share pada kemampuan koneksi matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs YASPI Labuhan Deli dan yang dijadikan sebagai sampel sebanyak 2 kelas yang diambil secara acak. Pada kelas eksperimen 1 diberi pembelajaran menggunakan model pembelajaran NHT, sedangkan pada kelas eksperimen 2 diberi pembelajaran menggunakan model pembelajaran TPS. Instrmen dalam penelitian ini adalah tes kemampuan koneksi matematika sebanyak lima soal yang sebelumnya telah divalidasi oleh 2 orang validator dan diujicobakan di kelas lain di luar sampel penelitian untuk melihat validitas dan reliabilitas. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas tes. Normalitas diuji dengan menggunakan uji Lilliefors dan homogenitas dengan menggunakan uji F. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa sampel berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil penelitian kemampuan koneksi matematika kelas eksperimen-1 yang diajar menggunakan model pembelajaran NHT, diperoleh rata-rata tes sebesar 77,83, varians 78,01, dan simpangan baku 8,83 Sedangkan dari kelas eksperimen-2 yang diajar menggunakan model pembelajaran TPS, diperoleh rata-rata tes sebesar 69,22, varians 65,33, dan simpangan baku 8,08. Dari pengujian hipotesis pada taraf nyata α = 0,05 dengan dk = 46 diperoleh thitung > ttabel atau 7,18 > 1,99. Dengan demikian hipotesis penelitian diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbandingan Perbandingan Model Pembelajaran Number Head Together Dengan Think Pair Share Pada Kemampuan Koneksi Matematika Siswa.

Referensi

Abdullah, I.H., (2013), Berpikir Kritis Matematik, Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, Vol. 2, No. 1, April 2013

Gunur, B., dan Karolina, S. Komunikasi Matematis Melalui Kooperatif Numbered Head Together Dan Think Pair Share. Histogram : Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.3 No.2 hal. 108 - 121

Haryati, A, (2017), Upaya Meningkatkan Kemampuan Koneksi Melalui Pendekatan Contextual Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Di Kelas 8c

Smp Negeri I Maleber, JES-MAT, Vol. 3 No.1 Maret 2017

Kamarullah, (2017), Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita, Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan

Pembelajaran Matematika, Vol. 1, No. 1, Juni 2017.

Maryoto,G. (2016), Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (Tps) Dan Numbered-Heads-Together (Nht) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika, Jurnal Pendidikan, Volume 17, Nomor 2, September 2016, 121-128

Nuraini, (2017), Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number HeadsTogether Pada Materi Iman Kepada Kitab Kitab Allah PadaSiswa Kelas IV SD Negeri 60 Banda Aceh. Serambi Akademica, Volume V, No. 1, Mei 2017

Nugroho,A.f & Krisma W.W, (2019), Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dan Think Pair Share Ditinjau dari Hasil Belajar Siswa, Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Vol.3 No.4

Nurapriani,F, (2016), Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Koneksi Matematik Siswa Smp Melalui Strategi Think Talk Write, Jurnal Buana Ilmu, Vol. 1, No. 1, November 2016 Issn: 2541 – 6995

Rena,M.D.D., Daniel F, dan Taneo,P.N.L.T. (2020), Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa

Dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. Volume 3, No. 4, Juli 2020

Rizky,M.A, Katrina, Samosir, (2020), Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Yang Diajarkan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Dan Tipe Think Pair Share Di Kelas Viii Smp Negeri 2 Babalan, Inspiratif : Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.6 No.3

Sagala, S. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alphabeta

Unduhan

Diterbitkan

2021-07-07

Cara Mengutip

Rizqi, N. R. ., Matondang, K. ., & Sofa, N. . (2021). PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER DENGAN THINK PAIR SHARE PADA KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(2), 25–31. https://doi.org/10.47662/pedagogi.v7i2.84

Terbitan

Bagian

Artikel