PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER DENGAN THINK PAIR SHARE PADA KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.47662/pedagogi.v7i2.84Kata Kunci:
Kemampuan Koneksi Matematika, Numbered Head Together, Think Pair ShareAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model pembelajaran number head together dengan think pair share pada kemampuan koneksi matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs YASPI Labuhan Deli dan yang dijadikan sebagai sampel sebanyak 2 kelas yang diambil secara acak. Pada kelas eksperimen 1 diberi pembelajaran menggunakan model pembelajaran NHT, sedangkan pada kelas eksperimen 2 diberi pembelajaran menggunakan model pembelajaran TPS. Instrmen dalam penelitian ini adalah tes kemampuan koneksi matematika sebanyak lima soal yang sebelumnya telah divalidasi oleh 2 orang validator dan diujicobakan di kelas lain di luar sampel penelitian untuk melihat validitas dan reliabilitas. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas tes. Normalitas diuji dengan menggunakan uji Lilliefors dan homogenitas dengan menggunakan uji F. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa sampel berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil penelitian kemampuan koneksi matematika kelas eksperimen-1 yang diajar menggunakan model pembelajaran NHT, diperoleh rata-rata tes sebesar 77,83, varians 78,01, dan simpangan baku 8,83 Sedangkan dari kelas eksperimen-2 yang diajar menggunakan model pembelajaran TPS, diperoleh rata-rata tes sebesar 69,22, varians 65,33, dan simpangan baku 8,08. Dari pengujian hipotesis pada taraf nyata α = 0,05 dengan dk = 46 diperoleh thitung > ttabel atau 7,18 > 1,99. Dengan demikian hipotesis penelitian diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbandingan Perbandingan Model Pembelajaran Number Head Together Dengan Think Pair Share Pada Kemampuan Koneksi Matematika Siswa.
Referensi
Abdullah, I.H., (2013), Berpikir Kritis Matematik, Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, Vol. 2, No. 1, April 2013
Gunur, B., dan Karolina, S. Komunikasi Matematis Melalui Kooperatif Numbered Head Together Dan Think Pair Share. Histogram : Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.3 No.2 hal. 108 - 121
Haryati, A, (2017), Upaya Meningkatkan Kemampuan Koneksi Melalui Pendekatan Contextual Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Di Kelas 8c
Smp Negeri I Maleber, JES-MAT, Vol. 3 No.1 Maret 2017
Kamarullah, (2017), Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita, Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan
Pembelajaran Matematika, Vol. 1, No. 1, Juni 2017.
Maryoto,G. (2016), Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (Tps) Dan Numbered-Heads-Together (Nht) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika, Jurnal Pendidikan, Volume 17, Nomor 2, September 2016, 121-128
Nuraini, (2017), Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number HeadsTogether Pada Materi Iman Kepada Kitab Kitab Allah PadaSiswa Kelas IV SD Negeri 60 Banda Aceh. Serambi Akademica, Volume V, No. 1, Mei 2017
Nugroho,A.f & Krisma W.W, (2019), Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dan Think Pair Share Ditinjau dari Hasil Belajar Siswa, Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Vol.3 No.4
Nurapriani,F, (2016), Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Koneksi Matematik Siswa Smp Melalui Strategi Think Talk Write, Jurnal Buana Ilmu, Vol. 1, No. 1, November 2016 Issn: 2541 – 6995
Rena,M.D.D., Daniel F, dan Taneo,P.N.L.T. (2020), Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa
Dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. Volume 3, No. 4, Juli 2020
Rizky,M.A, Katrina, Samosir, (2020), Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Yang Diajarkan Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Dan Tipe Think Pair Share Di Kelas Viii Smp Negeri 2 Babalan, Inspiratif : Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.6 No.3
Sagala, S. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alphabeta
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.