PENERAPAN MEDIA KIDOODLE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA ANAK

Penulis

  • Sisi Rosida Universitas Alwashliyah, Medan
  • Meilyana Putri Bangun Universitas Alwashliyah Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47662/pedagogi.v7i2.85

Kata Kunci:

penerapan, kidoodle, media pembelajaran, menyimak, cerita anak

Abstrak

Perkembangan teknologi menyediakan berbagai fasilitas untuk belajar. Salah satunya media pembelajaran melalui aplikasi digital sebagai wadah pembelajaran inovatif dan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses dan hasil penerapan media kidoodle dalam meningkatkan keterampilan menyimak cerita anak pada siswa kelas IV YPI Amir Hamzah. Penelitian ini adalah penelitian tindakan yang bertahap 2 siklus, meliputi: tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dengan observasi, catatan lapangan, dan tes.  Analisis data penelitian dilakukan secara kualitatif, dianalisis dari hasil observasi dan catatan lapangan. Adapun temuan penelitian: (1) adanya peningkatan keterampilan siswa dalam menyimak cerita anak pada proses penerapan media kidoodle pada struktur cerita anak, dan (2) Peningkatan ketuntasan belajar siswa dibuktikan pada siklus I dengan nilai rata-rata hanya 66, meningkat menjadi 89,4. Hal ini menunjukkan media kidoodle memberikan dampak positif dalam peningkatan keterampilan menyimak cerita anak.

Referensi

Ampa, A. T. (2015). The Implementation of Interactive Multimedia Learning Materials in Teaching Listening Skills. English Language Teaching, 8(12), 56-62.

Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.

Daeng, K., Amir, J., & Hamsa, A. (2010). Pembelajaran keterampilan menyimak.

Endang, S. M., & Sriyanto, M. I. (2013). PENGGUNAAN MEDIA WAYANG KARTUN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK DONGENG. Didaktika Dwija Indria, 1(8).

Fatimah, A., & Maryani, K. (2018). Visual literasi media pembelajaran buku cerita anak. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(1), 61-69.

Fauzi, Z. A. (2016). Pengembangan Cerita Anak Berwawasan Budi Pekerti bagi Pendidikan Karakter. -, 2(1), 77-81.

Ferrari-Bridgers, F., Stroumbakis, K., Drini, M., Lynch, B., & Vogel, R. (2017). Assessing critical-analytical listening skills in math and engineering students: An exploratory inquiry of how analytical listening skills can positively impact learning. International Journal of Listening, 31(3), 121-141.

Hakim, M. N. (2018). Penerapan Media Audiovisual dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dongeng Siswa Kelas III MIS Darul Ulum Muhammadiyah Bulukumba. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 1(2), 189-204.

Haryoko, S. (2012). Efektivitas pemanfaatan media audio-visual sebagai alternatif optimalisasi model pembelajaran. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1).

ISTIHANAH, A. (2013). Peningkatan Keterampilan Menyimak Cerita Menggunakan Media Audio Visual Kelas V SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1-9.

Istova, M., & Hartati, T. (2016). Pengaruh Media Film Animasi Fiksi Islami untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak dan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 2(1), 72-86.

Istova, M., & Hartati, T. (2016). Pengaruh Media Film Animasi Fiksi Islami untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak dan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 2(1), 72-86.

Karagöz, B., Iscan, A., Baskin, S., & Irsi, A. (2017). Investigation of Turkish Teacher Candidates Listening Skills. Universal Journal of Educational Research, 5(5), 750-756.

Laia, A. (2020). Menyimak Efektif. Penerbit Lutfi Gilang.

Nurgiantoro, B. (2018). Sastra anak: pengantar pemahaman dunia anak. UGM PRESS.

Pandiangan, A. P. B. (2019). Penelitian Tindakan Kelas: Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Profesionalisme Guru Dan Kompetensi Belajar Siswa. Deepublish.

Prayoga, R. W., Suwignyo, H., & Harsiati, T. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerita Narasi Melalui Penerapan Progam Literasi Berbantuan Media Buku Cerita Anak Pada Siswa Sd. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(11), 1498-1503.

Solihat, I., & Riansi, E. S. (2018). Literasi Cerita Anak dalam Keluarga Berperan Sebagai Pembelajaran Pembentuk Karakter Anak Sekolah Dasar. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(2), 258-271.

Sumiharsono, R., & Hasanah, H. (2017). Media Pembelajaran: Buku Bacaan Wajib Dosen, Guru dan Calon Pendidik. Pustaka Abadi.

Susilana, R., & Riyana, C. (2008). Media pembelajaran: hakikat, pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian. CV. Wacana Prima.

Winarni, E. W. (2021). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R & D. Bumi Aksara.

Wuryaningrum, R. (2019). Pembelajaran Menyimak.

Unduhan

Diterbitkan

2021-07-12

Cara Mengutip

Rosida, S. ., & Bangun, M. P. . (2021). PENERAPAN MEDIA KIDOODLE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA ANAK. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(2), 32–39. https://doi.org/10.47662/pedagogi.v7i2.85

Terbitan

Bagian

Artikel