SISTEM PEMASARAN SAYURAN HIDROPONIK DALAM RANGKA PEMANFAATAN LAHAN PEKARANGAN PERTANIAN KOTA (URBAN FARMING)
Kata Kunci:
sistem pemasaran, hidroponikAbstrak
Adhany Yimmy B.D, Sistem Pemasaran Sayuran Hidroponik Dalam Rangka Pemanfaatan Lahan Pekarangan Pertanian Kota (URBAN FARMING) (Studi Kasus : di Syifa Hidroponik Bromo Kota Medan Sumatera Utara). Dibawah bimbingan bapak Ir Ir.A.Effendi Lubis. MMA sebagai ketua pembimbing dan Ibu TinaH.Masitah,SP.,M.Si sebagai Anggota Pembimbing.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana saluran dan strategi yang tepat dalam memasarkan Sayuran Hidroponik jln. Bromo Kota Medan di Syifa Hidroponik.Pendekatan Penelitain ini dilakukan dengan metode pengumpulan data responden. Sampel dalam penelitian ini adalah di di Syifa Hidroponik Bromo Kota Medan Sumatera Utara. Data yang dikumpulkan berupa data primer dan data sekunder. Analisis data pada perumusan maslah digunakan analisis SWOT. Model yang digunakan dalam tahapan pengumpulan data ini adalah Matrik faktor strategi internal dan Matrik faktor Eksternal. Hasil identifikasi faktor faktor internal yang merupakan kekuatan dan kelemahan, ranting dan pembobotan dipindahkan ke tabel matrik IFAS untuk diberi Scorsing: ranting x bobot.Hasil Penelitian menunjukan bahwa : Strategi yang diperoleh untuk meningkatkan pemasaran dan minat akan sayuran hidroponik di daerah penelitian yaitu menggunakan strategi SO, Meningkatkan kualitas sayuran hidroponik,Meningkatkan kerjasama petani penangkar, Memperluas wilayah pemasaran.