SISTEM PEMASARAN SAYURAN HIDROPONIK DALAM RANGKA PEMANFAATAN LAHAN PEKARANGAN PERTANIAN KOTA (URBAN FARMING)

Penulis

  • Adhany Yimmy B.D, Fuad Balatuf, Tina Herianty Masitah

Kata Kunci:

sistem pemasaran, hidroponik

Abstrak

Adhany Yimmy B.D, Sistem Pemasaran Sayuran Hidroponik Dalam Rangka
Pemanfaatan Lahan Pekarangan Pertanian Kota (URBAN FARMING) (Studi Kasus :
di Syifa Hidroponik Bromo Kota Medan Sumatera Utara). Dibawah bimbingan
bapak Ir Ir.A.Effendi Lubis. MMA sebagai ketua pembimbing dan Ibu
TinaH.Masitah,SP.,M.Si sebagai Anggota Pembimbing.Rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah Bagaimana saluran dan strategi yang tepat dalam memasarkan
Sayuran Hidroponik jln. Bromo Kota Medan di Syifa Hidroponik.Pendekatan
Penelitain ini dilakukan dengan metode pengumpulan data responden. Sampel dalam
penelitian ini adalah di di Syifa Hidroponik Bromo Kota Medan Sumatera Utara.
Data yang dikumpulkan berupa data primer dan data sekunder. Analisis data pada
perumusan maslah digunakan analisis SWOT. Model yang digunakan dalam tahapan
pengumpulan data ini adalah Matrik faktor strategi internal dan Matrik faktor
Eksternal. Hasil identifikasi faktor faktor internal yang merupakan kekuatan dan
kelemahan, ranting dan pembobotan dipindahkan ke tabel matrik IFAS untuk diberi
Scorsing: ranting x bobot.Hasil Penelitian menunjukan bahwa : Strategi yang
diperoleh untuk meningkatkan pemasaran dan minat akan sayuran hidroponik di
daerah penelitian yaitu menggunakan strategi SO, Meningkatkan kualitas sayuran
hidroponik,Meningkatkan kerjasama petani penangkar, Memperluas wilayah
pemasaran.

Unduhan

Diterbitkan

2021-08-31

Cara Mengutip

Fuad Balatuf, Tina Herianty Masitah, A. Y. B. (2021). SISTEM PEMASARAN SAYURAN HIDROPONIK DALAM RANGKA PEMANFAATAN LAHAN PEKARANGAN PERTANIAN KOTA (URBAN FARMING). Vegetasi, 16(2). Diambil dari http://siakad.univamedan.ac.id/ojs/index.php/vegetasi/article/view/133